Pengenalan Aplikasi E-Jafung oleh BPSDM

05

Sep
Pengenalan Aplikasi E-Jafung oleh BPSDM

Jakarta (31/08) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) menggelar acara Pengenalan Aplikasi Sistem Informasi Jabatan Fungsional atau yang disebut dengan E-Jafung. Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 70 peserta yang berasal dari seluruh unit organisasi (Unor) di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Acara dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Pengembangan jabatan Fungsional-Nicodemus Daud. Dalam kesempatan kali ini narasumber datang dari Sekretariat BPSDM, Kepala Bagian Data dan Informasi-Yunaldi dan Kepala Sub Bagian Pengembangan Sistem- Wicak Hardhika Putra.

‘‘Saya harap aplikasi dapat menjadi satu-satunya aplikasi (sebagai baseline) yang berisikan informasi terbaru tentang pejabat fungsional terkait dan dapat digunakan secara efektif oleh masing-masing pejabat terkait’’, disampaikan oleh Nicodemus dalam sambutannya. Jafung alias Jabatan Fungsional merupakan kedudukan yang menunjuk tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam suatu organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri. Untuk mempermudah pendataan hal tersebut maka dikembangkanlah Aplikasi E-Jafung yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone maupun pc

Persyaratan Jafung terdiri dari dua jenis, Umum dan Khusus. Syarat Umum antara lain telah mengikuti diklat fungsional di bidang PUPR dan setiap pelaksanaan penilaian pekerjaan bernilai baik dalam satu tahun terakhir, serta menyampaikan DUPAK Jafung Bidang PUPR. Kemudian Syarat Khususnya yaitu pada setiap Jafung bidang PUPR telah mengenyam pendidikan minimal setingkat Diploma III (tingkat terampil) maupun Strata I (tingkat ahli), pangkat minimal Pengatur Muda Tingkat I atau Golongan Ruang II/b (tingkat terampil) atau Penata Muda dengan golongan ruang III/a (tingkat ahli). Dan melalui pertemuan ini setiap peserta diharapkan menginformasikan data terbarunya ke panitia agar dapat diarahkan dengan baik alur kariernya pada pertemuan selanjutnya. (Rz)